FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI ORGANISASI
a)
Saluran Komunikasi Formal dapat mempengaruhi efektivitas
komunikasi dalam dua hal :
1. Saluran formal mencakup jarak yang
begitu luas dengan berkembangnya dan tumbuhnya organisasi. Misalnya, komunikasi
yang efektif biasanya jauh lebih sukar dicapai didalam organisasi perusahaan
eceran yang besar dengan banyak cabang yang tersebar luas dibandingkan
department store dengan banyak cabang
2. Saluran komunikasi formal biasanya
merintangi arus informasi yang bebas diantara berbagai tingkatan organisasi.
Misalnya, pekerja lini perakitan biasanya akan selalu berkomunikasi dengan
manager pabrik. Sementara ini diakui bahwa pembatasan di dalam saluran
komunikasi mempunyai beberapa kerugian. Sering kali saluran komunikasi informal
berhadapan dengan konsekuensi yang tidak diharapkan seperti satu memo untuk
banyak orang.
b)
Struktur Otoritas Organisasi mempunyai pengaruh yang sama terhadap
efektivitas organisasi. Perbedaan status dan kekuasaan dalam organisasi akan
dapat membantu menetapkan siapa yang akan melakukan komunikasi dengan siapa.
Misalnya, percakapan antara Presiden direkur perusahaan dengan pekerja tata
tulis kantor sering kali dipengaruhi oleh perilaku sopan santun dari bawahan
kepada bawahan. Umumnya, pekerja bawahan akan sangat menghormati atasan
(apalagi kedudukannya berbeda jauh) dengan cara
membungkukkan badan atau menggunkan kata-kata kelas tinggi dan mungkin
hal ini sangat penting di dalam
melakukan komunikasi dengan atasan.
c)
Spesialis Tugas (Pekerjaan) biasanya akan memudahkan melakukan
tugas (pekerjaan) dalam kelompok yang berbeda-beda. Anggota kelompok kerja yang
sama biasanya akan menggunakan kata-kata khusus yang hanya dimengerti oleh
kelompokya.
d)
Kepemilikan Informasi berarti bahwa individu informasi dan
pengetahuan yang unik mengenai tugas (pekerjaan) mereka. Pekerja yang sering
berada dikamar yang gelap barangkali akan mempunyai teknik dan cara tersendiri
jika diberi tugas.
2. KOMUNIKASI VERSUS KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Kemajuan teknologi computer yang begitu pesat telah
memberikan pengaruh yang sangat besar bagi organisasi, baik dari segi
pengolahan data, pengolahan informasi, kecepatan pengolahan data dan informasi,
serta gaya kepemimpinan yang kondusif bagi organisasi. Tidaklah mungkin untuk
menyamakan organisasi yang menggunakan computer modern dengan organisasi yang
tidak menggunakan computer, begitu pula pola komunikasi dan gaya manajerial
yang ada di dalam organisasi.
Komputer
baik langsung maupun tidak langsung telah dijadikan alat strategis untuk
mengetahui lingkungan organisasi, baik organisasi bisnis maupun organisasi non
bisnis. Melalui computer maka organisasi dapat berhubungan dengan organisasi
lain yang melewati batas Negara, sehingga negarapun juga akan semakin sulit
untuk mengendalikan transfer berita, pesan atau informasi dari suatu Negara ke
Negara lain.
Komputer
tidak hanya dijadikan alat untuk mengolah, menyimpan data akan tetapi computer
telah menjadi media komunikasi yang sangat efektif yang dapat digunakan untuk
mengukur kinerja internal organisasi akan tetapi juga dapat digunakan untuk
mengukur untuk memperoleh berita, pesan atau informasi di seluruh dunia.
Melalui electronic mail, setiap orang dapat berkomunikasi dengan orang lain di
seluruh dunia pada waktu yang dikehendaki. Melalui video conferencing, setiap orang diseluruh dunia dapat
menyelenggarakanrapat dengan peserta di seluruh dunia pada tempat yang dipilih.
Vivit Nur Fatma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar